17+ Cara Memilih Domain yang Paling Tepat untuk Blog/Website Anda

 Bagaimana Cara Paling Benar dalam Mencari/Menyusun/Memilih/Menentukan/Membeli Domain yang Baik untuk Blog/Website?_Sebelum Anda membuat dan menentukan alamat atau nama sebuah blog atau website, maka wajib bagi Anda untuk mencari dan memilih nama domain yang tepat dan bagus, dimana domain ini nantinya menjadi nama dan alamat website Anda.

Tips Memilih Domain yang Paling Tepat untuk Blog/Website Anda

Seperti  yang sudah maklum bahwa penentuan nama domain atau domain name adalah salah satu unsur terpenting  yang harus Anda perhatikan, karena domain merupakan  salah satu faktor yang paling menentukan berhasil atau tidaknya tujuan pembuatan website. 

Jika misalnya Anda adalah salah satu team sukses suatu partai politik dan ditugasi membuat website untuk mengampanyekan partai, maka Anda harus memilih nama domain yang sama dengan nama partai Anda. Contohnya, andai partai Anda bernama Partai Apel, maka pilih dan tentukan dengan domain partaiapel.org/partaiapel.com/partaiapel.net/dlsb. Jadi, sangatlah lucu, jika misalnya Anda membuat dengan domain name partainanas.com, karena domain tersebut tidak terkait sama sekali dengan partai Anda.

Jika misalnya Anda adalah seorang operator sekolah yang ditugasi untuk membuat website sekolah Anda, maka cari dan pilihlah domain yang sesuai dengan nama sekolah Anda, misalnya sdnegerisukses.sch.id, smpnegerisukses.sch.id, smanegerisukses.sch.id, dll.

Jika misalnya Anda adalah seorang pebisnis dan akan membuat website toko online untuk mempromosikan jasa/barang Anda, maka agar iklan Anda tepat sasaran, hendaknya Anda membuat website dengan nama domain yang sama dengan jasa/barang yang akan diiklankan. Contohnya, Anda punya usaha pakaian, maka nama domain yang tepat adalah pakaian.com, busana.com, dll.

Jika misalnya Anda seorang Blogger, maka sebaiknya Anda membuat blog/website dengan domain yang sesuai denga target niche blog Anda. Contoh, jika blog Anda memiliki topik tutorial, maka Anda bisa menentukan dengan domain kata awal panduan/tutorial/tips/trik/cara, misalnya tutorialmasak.com, panduanbisnis.com, caraberhijab.com, tipsbloggerpemula.com, trikandroid.com,tipskomputer.com, dlsb.

Nah, dari sedikit uraian penjelasan dan sebagian contoh di atas, Admin yakin Anda sudah memiliki gambaran yang jelas tentang cara memilih dan menentukan suatu domain yang akan digunakan untuk alamat website/blog Anda. Karena Anda pasti mengetahui bahawa salah satu strategi  marketing untuk mengenalkan dan/atau meningkatkan popularitas instansi maupun usaha Anda adalah dengan memilih nama domain yang unik, tepat, dan menarik perhatian target pengunjung website Anda.

Jadi, nama domain dalam blog atau website  itu sama halnya dengan memilih nama suatu usaha, harus baik dan menarik perhatian. Domain name merupakan  identitas website  Anda. Maka dari itu, Anda harus berhati-hati dalam memilih nama domain, jika blog Anda ingin sukses dan memiliki banyak pengunjung nantinya.

Jika  Anda melakukan kesalahan dalam memilih nama domain untuk blog atau website Anda, akibatnya bisa menjadi sangat fatal. Sebagai contoh,  Anda menamakan domain blog Anda dengan nama yang aneh bin ajaib dan susah diingat, kemungkinan besar pengunjung  website Anda tidak akan berkunjung  lagi.  Mengapa? karena nama domain blog Anda sulit diingat, maka saat pengunjung ingin kembali untuk mengunjungi  website  Anda, pengunjung akan lupa dan akhirnya tidak jadi berkunjung.

Mengingat pentingnya domain yang unik menarik yang akan menjadi alamat blog/website, dari itu Admin akan memberikan beberapa tips untuk membantu Anda dalam memilih dan menentukan nama domain yang tepat untuk website atau blog Anda.

Berbagai Cara dalam Memilih Nama Domain yang Tepat untuk Blog/Website:

1. Pilih Nama Domain dan Nama Blog/Website yang  Sama dengan Nama Instansi/Usaha/Merk/Branding Anda !

Inilah hal terpenting dalam memilih domain. Nama domain Anda harus dapat mewakili situs web/blog  Anda dan sebaiknya sekaligus merupakan nama suatu merk apa pun yang Anda kehendaki, karena nama domain adalah dapat sebagai nama usaha yang Anda miliki.

Jika Anda memiliki usaha penjualan handpone, pasti Anda akan menamakan usaha Anda dengan nama yang ada hubungannya dengan dunia HP, misalnya nama toko Anda adalah “Jaya HP” maka tentunya Anda pasti akan memilih nama domain website:  jayahp.com, kan tidak mungkin kalau Anda menamankannya dengan domain jayakomputer.com. Jika Anda memaksa untuk membuat website dengan domain yang tidak nyambung dengan nama usaha Anda, pasti nantinya akan membuat bingung para pengunjung website Anda. Padahal pengunjung website Anda adalah calon konsumen potensial, yang nantinya dapat menjadi pelanggan setia sekaligus secara tidak langsung mereka akan mengiklankan website Anda kepada teman-temannya.

Jika memang pada dunia nyata Anda tidak memiliki usaha toko offline misalnya, maka Anda bebas memilih nama domain yang tepat untuk website toko online Anda misalnya, sebagai contoh Anda akan jualan pakaian dengan harga grosiran, maka Anda bisa membuat website dengan nama domain grosirpakaian.com dan lain sebagainya, yang penting domain yang Anda pilih bisa dipastikan mengandung kata kunci yang nyambung dengan nama usaha Anda.

2.  Pilih Domain yang Pendek (Maksimal 3 Kata; Maksimal 15 Karakter/Huruf) !

Domain yang pendek akan lebih mudah dihapalkan oleh para pembaca website Anda. Coba hitung jumlah kata maupun huruf  pada nama domain maha populer yakni  google.com dan/atau website-website yang populer lainnya seperti  kemendikbud.go.id, wikipedia.go.id, detik.com, niagahoster.co.id, facebook.com, twitter.com, instagram.com, whatsapp.com, dll. Dari berbagai contoh website terkenal tersebut kebanyakan hanya terdiri atas 1-2 kata dan tidak lebih dari 15 karakter. Nah, dari itu sebaiknya Anda juga belajar dari kesuksesan nama domain dari website-website yang Admin contohkan di atas, jadi buatlah domain yang sependek mungkin!.

3. Pilih Domain yang Mudah Diucapkan/Dibaca dan Diketik !

Mengutamakan kemudahan para pengunjung website Anda dalam, mengucapkan/melafalkan, dan mengetik nama domain website yang Anda kelola nantinya pada mesin pencari baik lewat keyboard HP/Smartphone maupun PC/Laptop merupakan salah satu tips jitu agar website Anda cepat terkenal dan banyak pengunjungnya. Jadi, usahakan pengunjung tidak akan mengalami salah ucap/ketik. Walaupun dalam hasil pencarian mesin pencari Google (misalnya) akan ada pilihan mengenai akan meneruskan hasil pencarian berdasarkan kata yang diketikkan maupun beralih sesuai kata yang disarankan oleh Google atau mesin pencari lainnya.

Bayangkan saja apa yang akan terjadi misalnya domain website Anda sulit diucapkan/diketik, maka jelaslah akan mengurangi kesempatan Anda dalam mencapai target banyaknya pengunjung website Anda.

Sebagai contoh, nama domain yang rawan menyebabkan salah ucap/ketik:

  • Perahu jadi prahu atau prau
  • Gergaji jadi  jadi geraji atau graji
  • Resleting jadi risleting atau sleting
  • Barokah jadi berkah atau berkat

4. Pilih atau Buatlah Domain dengan Kata Baku sesuai PUEBI !

Kata yang mudah diucapkan belum tentu itu kata baku yang sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) atau yang dulu disebut Ejaan yang Disempurnakan (EYD). Sebagai Admin Blog/Website tidaklah hanya mengutamakan trend kata, tetapi Anda sebaiknya juga ikut berpartisipasi dalam dunia pendidikan Indonesia, salah satunya dengan cara menggunakan kata baku sesuai EYD. Jadi, jika target pembaca Anda adalah WNI gunakan domain bahasa Indonesia, namun jika targetnya WNA dan website Anda adalah menggunakan bahasa asing, silakan gunakan kata sesuai bahasa tersebut, misalnya bahasa Inggris.

Berikut contoh kata yang sering salah tulis:

  • Zaman salah tulis jadi jaman
  • Risiko jadi resiko
  • Praktik jadi praktek
  • Apotek jadi apotik
  • Nasihat jadi nasehat
  • Kualitas jadi kwalitas
  • Ekstra jadi extra
  • Hakikat jadi hakekat
  • Rapor jadi rapot
  • Hafal jadi hapal
  • Aktif jadi aktip/aktiv

5. Buat Domain dengan Kata yang Populer dan Mudah Diingat !

Salah satu hal penting yang harus Anda ketahui adalah memilih nama domain yang mudah diingat. Karena dengan nama yang mudah diingat, pengunjung dapat dengan mudah menemukan blog/website  Anda jika sewaktu-waktu ingin berkunjung ke blog Anda kembali.

Domain yang mudah diingat adalah domain yang berisi kata-kata atau kalimat singkat dan populer yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari. Sebagai contoh, Anda ingin membuat blog yang dengan topik ilmu komputer, maka ada baiknya jika Anda membuat domain Anda dengan nama panduankomputer.com atau teorikomputer.com.

6. Perhatikan Susunan Kata !

Jika Anda membuat domain dengan 2 kata atau lebih, sebaiknya Anda menyusunnya secara benar, jadi jangan dibalik. Hal ini memudahkan pengunjung dalam mengingat dan mengetikkan domain Anda. Selain itu juga berpengaruh dalam mesin pencari.

Sebagai contoh, buatlah domain tokohijabonline.com, jangan hijabtokoonline.com !

Contoh lain:

  • tokopakaianwanita.com, jangan wanitatokopakaian.com
  • tokokerudung.com, jangan kerudungtoko.com

7. Jangan Mencampuradukkan Bahasa !

Kadang ada yang suka keinggris-inggrisan namun kurang tepat dalam menggunakannya, sehingga terbawa ketika membuat domain pun inginnya yang ada kata dari bahasa Inggrisnya tanpa memperhatikan makna yang sebenarnya. Terkecuali jika memang suatu bahasa asing yang digunakan sudah merupakan bahasa Indonesia serapan dari bahasa lain.

8. Buatlah Domain dengan Kata Kunci yang Tepat !

Pilihan lain dalam membuat domain yakni dengan fokus menentukan domain yang memuat kombinasi kata kunci. Kalau yang ini sebenarnya lebih berpengaruh ke mesin pencari. Tujuan utama dari tips ini memang tidak terlalu ditujukan ke pembaca, melainkan ke mesin pencari seperti Google. Tips atau optimasi seperti ini digolongkan sebagai Seo On Page. Dalam optimasi SEO, nama domain memiliki pengaruh yang cukup besar dalam seo. Contohnya: domainblogweb.com, he he.

9. Buatlah Domain yang Singkat dan Jelas !

Salah satu cara untuk membuat nama domain Anda menjadi mudah diingat adalah dengan membuatnya sesingkat mungkin. Selain karena mudah diingat, nama domain yang pendek atau singkat juga terkesan lebih profesional.

Domain yang baik adalah domain yang singkat dan dapat mewakili situs Anda. Jangan memberi nama domain yang singkat tetapi tidak bisa menjelaskan isi yang ada di dalam blog/website. Dengan begitu, pengunjung jadi akan lebih tertarik untuk memilih blog Anda sebagai sumber informasi yang mereka  cari di mesin pencari.

Contohnya seperti ini, jika Anda ingin membuat website toko online yang akan dimanfaatkan untuk jualan aneka pakaian, maka buatlah domain yang umum, misal tokopakaianonline.com atau tokopakaianlengkap.com. Contoh nama domain ini tidak singkat, walaupun panjang tetapi jelas karena akan dimanfaatkan untuk berbagai jenis pakaian. Jadi, jangan buat pakaiansajalah.com karena membingungkan, maknanya bisa website toko online yang menjual pakaian dan dapat juga tutorial dan model  pakaian.

10. Gunakan Kata Dasar; Hindari Awalan, Sisipan, dan Imbuhan !

Sebaikanya nama domain adalah berupa kata dasar dan/atau gabungan dari 2 atau 3 kata dasar, jadi Anda sebaiknya mengindari pembuatan domain dengan kata yang sudah ada awalan/sisipan/imbuhannya.

11. Hindari Domain dengan Kata yang Cepat Usang Kepopulerannya !

Jika Anda dalam membuat website dengan tujuan jangka panjang, maka hindarilah penggunaan nama domain yang mudah hilang termakan zaman. Domain jenis ini umumnya diambil dari kata-kata yang pernah viral maupun kata gaul pada generasi tertentu.

12. Hindari Penggunaan Angka !

Sebaiknya Anda juga menghindari penggunaan angka dalam membuat domain. Walaupun saat ini ada website yang sukses dengan domain yang ada angkanya, seperti rumah123.com. 

13. Hindari Penggunaan Tanda Hubung !

Saat ini masih banyak domain yang menggunakan tanda hubung (-), namun demi lebih cepat suksesnya website Anda, sebaiknya Anda jangan menggunakan tanda hubung dalam membuat domain karena hal ini sering menyebabkan salah ketik.

Saat orang akan mengingat suatu domain, biasanya yang paling  diingat adalah nama domain tersebut, bukan pemberian angka atau tanda yang ada di dalam domain. Dan pada saat pengungjung ingin berkunjung lagi ke blog Anda, tetaapi dia lupa angka atau tanda yang ada di blog Anda. Apa yang terjadi? blog Anda tidak dapat dikunjungi, dan membuat pengunjung blog Anda teralihkan ke blog lain.

14. Sertakan Nama Geografi !

Jika Anda mengelola website yang targetnya untuk pengunjung dalam suatu wilayah, sebaiknya Anda cantumkan nama wilayah desa/kecamatan/kabupaten/provinsi Anda. Misalnya Grosir BajuTanahAbang.com, RentalMobilSemarang.com, dll.

15. Pilih Ekstensi Domain TLD dan/atau Domain id !

Ekstensi domain adalah embel-embel yang ada setelah nama domain, misalnya .com, .net, .xyz, dan lain sebagainya. Silakan pilih sesuai kebutuhan Anda.

Contoh Ekstensi Generic Top Level Domain (GTLD):

  • .com: digunakan untuk website komersial atau perusahaan.
  • .net: digunakan untuk website network infrastruktur.
  • .org: digunakan untuk website organisasi.
  • .info: digunakan untuk website informasional situs web.
  • .name: digunakan untuk website keluarga atau perorangan.
  • .edu: digunakan untuk website pendidikan (terbatas hanya untuk pendidikan).
  • .mil: digunakan untuk website militer (terbatas hanya untuk militer).
  • .biz: digunakan untuk website bisnis.
  • .tv: digunakan untuk entertainment seperti televisi, radio, majalah, dan lain-lain.
  • .travel:digunakan untuk website bisnis pariwisata.

Contoh Ekstensi Domain Indonesia: .id 

.id adalah top-level domain kode negara Internet untuk Indonesia. 

Adapun untuk contoh subdomain .id, sebagai berikut:

  • .or.id: digunakan untuk website organisasi.
  • .co.id: digunakan untuk website komersial.
  • .go.id: digunakan untuk website pemerintahan (khusus pemerintahan dan harus ada izin dari pemerintah bersangkutan).
  • .ac.id: digunakan untuk website pendidikan seperti universitas.
  • .sch.id: digunakan untuk website sekolah
  • .ponpes.id: digunakan untuk website pondok pesantren
  • .net.id: digunakan untuk Internet provider.
  • .web.id: digunakan untuk umum.

16. Pastikan Nama Domain yang Anda Inginkan Masih Tersedia !

Saat ini, jutaan nama domain dengan bernagai kombinasi kata kunci sudah digunakan oleh Admin Website dari berbagai penjuru dunia, jadi banyak kemungkinan konsep domain yang Anda susun ternyata sudah dibeli dan terpakai oleh orang lain. 

17. Cek dan Belilah Domain Melalui Website Penyedia Domain di Indonesia yang Populer dan Mudah Dihubungi untuk Konsultasi !

Di Indonesia banyak website yang bisa dimanfaatkan untuk mengecek ketersediaan domain sekaligus sebagai website yang menjual domain tersebut untuk Anda. Anda dapat membeli domain tanpa hosting (seperti yang umumnya dilakukan oleh para Blogger yang akan Cutom Domain Blogspot) dan/atau membeli domain + hostingnya, bahkan banyak web yang menyediakan domain TLD .com/.net secara gratis dengan syarat membeli/menyewa web hostingnya di layanan/penyedia tersebut.

Adapun beberapa website penyedia domain tanpa hosting maupun web layanan web hosting dan domain, antara lain silakan kunjungi website di bawah ini:

a. Niaga Hoster, kunjungi https://www.niagahoster.co.id/ 

b. DomaiNesia, kunjungi https://www.domainesia.com/ 

c. dll

18. Belilah Domain yang Memang Masih Tersedia Stoknya!

Jika Anda sudah memastikan domain masih tersedia, maka segeralah beli domain tersebut sebelum dibeli oleh orang lain. Terlambat 1 detik saja, maka tertunda/hilanglah kesempatan Anda untuk memiliki domain tersebut.

Namun, santai saja karena bisa saja domain yang Anda butuhkan tersebut sudah dibeli oleh orang lain namun belum dipakai untuk website, artinya Anda masih bisa membeli domain tersebut walaupun tentunya dengan harga khusus dan dipastikan lebih mahal daripada harga umum. Walaupun demikian, belilah domain tersebut dengan menyesuaikan anggaran Anda.

Demikian tentang Tips Memilih Domain yang Tepat untuk Website Anda. Semoga penjelasan di atas dapat sebagai salah satu pertimbangan Anda dalam menemukan domain yang cocok dan tepat untuk nama Website/Blog Anda. Aamiin

Posting Komentar